5 Soto Terenak di Jakarta: Surga Kuliner untuk Pecinta Soto

Jumat, 14 Juni 2024

Sebagai pecinta soto garis keras, aku selalu mencari tempat-tempat yang menyajikan soto terenak di Jakarta. Menemukan soto yang benar-benar nikmat adalah sebuah petualangan tersendiri. Dengan berbagai variasi soto yang ada di Jakarta, setiap tempat menawarkan cita rasa unik yang patut dicoba. Berikut adalah lima soto terenak di Jakarta versi aku, yang bisa membuat siapa saja ketagihan.

5 Soto Terenak di Jakarta: Surga Kuliner untuk Pecinta Soto

1. Soto Betawi H. Ma'ruf

Soto Betawi H. Ma'ruf yang legendaris ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Terletak di kawasan Cikini, soto ini terkenal dengan kuah santannya yang kental dan gurih. Dagingnya empuk dan bumbunya sangat terasa. Setiap suapan adalah perpaduan sempurna antara gurihnya santan dan aroma rempah yang khas. Tempat ini selalu ramai, jadi pastikan kamu datang lebih awal atau siap-siap untuk antre.

2. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi yang berasal dari Surabaya ini telah menjadi favorit banyak orang. Berlokasi di berbagai cabang di Jakarta, soto ayam ini menawarkan kuah bening dengan rasa kaldu ayam yang kuat. Topping koya yang gurih menambah kekayaan rasa di setiap mangkuknya. Ditambah dengan irisan daging ayam yang lembut, soto ini benar-benar memanjakan lidah.

3. Soto Tangkar Tanah Tinggi

Bagi pecinta soto tangkar, Soto Tangkar Tanah Tinggi di Jakarta Pusat adalah pilihan tepat. Kuahnya yang merah pekat dengan rasa yang pedas dan gurih, serta daging iga yang lembut, menjadikan soto ini favorit banyak orang. Aroma bakaran dagingnya yang khas menambah selera makan, membuat setiap suapan begitu nikmat.

4. Soto Kudus Blok M

Soto Kudus Blok M menyajikan soto khas Kudus dengan porsi yang tidak terlalu besar namun kaya akan rasa. Kuahnya bening dengan rasa kaldu ayam yang kuat, ditambah dengan tauge, irisan daging ayam, dan taburan bawang goreng yang melimpah. Rasanya yang ringan namun lezat selalu membuatku ingin kembali lagi.

5. Soto Padang H. St. Mangkuto

Soto Padang H. St. Mangkuto di kawasan Pasar Santa menjadi pilihan terakhir namun tidak kalah lezat. Soto Padang ini terkenal dengan kuah beningnya yang segar, irisan daging sapi yang renyah, dan perkedel kentang yang gurih. Setiap suapan menghadirkan perpaduan rasa yang sempurna, mulai dari gurih, asin, hingga sedikit pedas.

Mengapa Soto?

Mencari soto terenak di Jakarta adalah petualangan yang tak pernah membosankan. Setiap tempat menawarkan cita rasa dan pengalaman yang berbeda. Soto, dengan berbagai jenisnya, selalu berhasil menghangatkan perut dan hati. Baik saat cuaca dingin atau panas, soto selalu menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya rekomendasi soto terenak di Jakarta yang belum aku coba? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar dan siapa tahu, rekomendasi kamu akan menjadi destinasi berikutnya dalam petualangan soto aku!

14 komentar

  1. Aduh jadi ngiler karena aku penggemar soto

    BalasHapus
  2. Aku juga salah satu penggemar soto garis keras kak hahaha...kalo bingung mau makan apa dah pasti soto jadi salah satu pilihan...apalagi ini rekomendasinya berbagai macam soto gak cuma soto betawi saja 😊

    BalasHapus
  3. belum pernah kecuali pak sadi tapi itupun bukan di Jakarta
    kalau soto betawi ada rekomendasi, Mbak Aie? Soalnya aku nih penyuka aneka soto. Enak deh kuahnya diseruput pas masih hangat.

    BalasHapus
  4. Aku suka Soto ambengan pak Sadi, di beberapa rest area tol arah surabaya-solo juga ada.
    Sama-sama soto, tapi tiap daerah punya ciri khas ya. Nah kalau di Jakarta semua jenis soto ada, tinggal pilih aja mau yang mana

    BalasHapus
  5. Waduh lagi dingin menggigil begini baca artikelnya tentang Soto dari berbagai daerah jadi ngiler nih
    Terbayang seruput panas kuah soto wah, mantap
    Semua soto saya suka
    Mau dari Sumatra atau Jawa, bahkan Kalimantan dan daerah Indonesia Timur (kalau ada kuliner Soto dari daerah sana) saya pasti suka

    BalasHapus
  6. Belum pernah makan soto tangkar dan soto Padang. Penasaran euy. Soto Betawi tuh enak ya tapi enakan beli daripada bikin.

    Kalau anakku suka banget soto Kudus cuma mangkoknya mini hehehehe.

    BalasHapus
  7. Kayaknya aku belum nyobain semua jenis soto yang disebutkan deh hahaha. SOalnya kalau makan soto ya random aja. Padahal sebulan lalu udah niat mau makan soto H. Ma'ruf sama teman eh batal lagi hihihi. Hujan2 makan soto pas momennya menghangatkan :)

    BalasHapus
  8. Kebetulaaan mau ke daerah Blok M dan masih bingung mau kuliner apaan. Kayanya bisa pilih Soto Kudus Blok M nih. Aku suka kuah bening tapi juga masih berasa kaldunya. Tapi kayanya Soto Padang H. St. Mangkuto juga ngga bisa dilewatkan apalagi kalo pedesss.

    BalasHapus
  9. Aku suka banget makan soto kak Aie, dari 5 rekomendasi soto di atas yang belum aku cobain itu Soto Betawi Haji Mar'uf jadi penasaran pengin cobain juga sekalian kulineran nih.

    BalasHapus
  10. Wah, soto emang kuliner favorit banyak orang
    Bangga, soto ambengan pak sadi yg khas surabaya juga disukai orang jakarta

    BalasHapus
  11. Soto adalah salah satu makanan favorit ku 🤩 rupanya mba punya list sampe 5 soto terenak di Jakarta. Jujurly yang sangat familiar dan sering aku sambangi Soto Betawi H. Ma'ruf ini beneran sedep nikmat dan enak pisan.

    Ketagihan kalau udah pernah icip soto yang satu ini. Berarti peer ku adalah cobain keempat soto rekomendasian dari mba nih, kalau bilang terenak pasti the best lah.

    BalasHapus
  12. Ada soto betawi di daerah pondok pinang mba aie... itu legend dan rame banget sih... pdahal harganya juga lumayan

    BalasHapus
  13. wah aku pecinta soto nih mak. pengen banget mampir ke soto Padang itu. di Jogja agak susah nyari kuliner Padang berupa soto. kebanyakan nasi padang dan nasi kapau jarang2 ada soto

    BalasHapus
  14. Aku sukaaa SOTO IS THE BEST pokonya maah..
    Karena dalam satu mangkuk tuh lengkap. Dari mulai protein hewani sampai nabati, lengkap.
    Dan soto versi manapun, aku sukaaa..

    Aga kaget pas ada Soto Ambengan.
    Lah ini memang daerah SMA ku duluu..

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)